Rabu, 22 April 2009

ANALISIS LINGKUNGAN dan TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN PENGARUH LINGKUNGAN EKSTERNAL

Seorang Manajer suatu perusahaan sebaiknya tidak hanya memusatkan perhatiannya pada lingkungan internal organisasi, tetapi juga harus menyadari pentingnya pengaruh lingkungan eksternal terhadap perusahaan yang dikelolanya.Manajer harus mampu mengidentifikasi, menganalisis, mengevaluasi, mendiagnosis dan bereaksi terhadap perubahan lingkungan baik berupa peluang/kesempatan, risiko, ancaman, hambatan yang berpengaruh terhadap aktifitas operasional perusahaan. (Analisis SWOT).

KONDISI LINGKUNGAN EKSTERNALDinamika perkembangan lingkungan eksternal perusahaan bergejolak dan berubah sangat cepat dan dinamis, terkadang dampaknya terhadap aktifitas dan kinerja perusahaan tidak dapat diprediksikan terlebih dahulu.Contoh : Perkembangan teknologi dibidang Teknologi Informasi & Komunikasi membuat dunia serasa semakin sempit, dan gejolak yang terjadi diluar akan berpengauh secara global terhadap kelangsungan hidup perusahaan.
GEJOLAK LINGKUNGAN EKSTERNALKondisi perekonomian dunia yang berfluktuasi naik turun, krisis US berimabas menjadi krisis GlobalInovasi teknologi disegala bidang berakibat bermunculan produk2 baru (PLC semakin Pendek – Out Of Date)Perubahan Life Style & Selera KonsumenPeraturan Pemerintah UU, Sektor Riil, Fiskal, Moneter, Exim yang selalu direvisi berubah-ubah.Himpitan dan tuntutan memasuki era globalisasi (investasi, produksi, marketing, SDM)

FAKTOR EKSTERNALYang Perlu Diperhatikan Oleh ManajerKondisi Persaingan dengan perusahaan Lain dalam Industri Sejenis (Ciptakan Barier to Entry melalui : Strategy Konglomerasi, Integrasi Vertical, Monopoli)Posisi dalam Pangsa Pasar (Market Share)Kebijakan Pemerintah (Fiskal, Moneter, Eksport-Import, UU dan Lembaga lain terkait).Kondisi Makro Ekonomi (Ekonomi cq. krisis, booming, GDP, GNP, Pendapatan Perkapita, buying power, Inflasi, Foreign Exchange, Konflik Politik, Hukum, Sosial budaya, lingkungan lainnya).Munculnya inovasi teknologi yang menghasilkan penemuan produk baru / substitusi dan perubahan trend selera konsumen. PLC jadi semakin singkat produk jadi cepat usang out of date.
BAGAIMANA SEBAIKNYA SIKAP MANAJER ?Manajer dituntut untuk bersikap tanggap dan adaptif, selalu mengikuti dan menyesuaikan diri dengan perkembangan dan perubahan lingkungan.Manajer harus mampu menyusun berbagai cara & strategi atau pendekatan yang memungkinkannya untuk terus menjaga dan mengembangkan perusahaan dalam lingkungan bisnis yang selalu berubah.

FAKTOR INTERNAL Yang Perlu Diperhatikan Oleh ManajerDibidang Produksi & OperasionalProses Produksi (pembuatan produk)Desain Produk Barang & JasaJenis Produk Barang & Jasa Yang akan dibuatTeknologi yang dipakai dlm proses produksitasBahan Baku yang dipakaiPenentuan Lokasi Pabri & Tata Letak (lay Out Fasilitas Produksi)Kapasitas ProduksiPengendalian Mutu dan Kualitas Produk

Dibidang PemasaranDesain Produk Barang & Jasa (Product)Kemasan ProdukPenentuan harga Jual produk (Pricing)Strategi Promosi dan Saluran Distribusi (Promotion) & (Place)
FAKTOR INTERNAL Yang Perlu Diperhatikan Oleh ManajerDibidang Sumber Daya ManusiaRecruitment & SelectionTraining & DeveloptmentKompensasi & KarierKepemimpinan & Manajemen KonflikDibidang Akuntansi & KeuanganSources Of Funds (Debt, Bond & Share)Uses Of Funds (Working Capital, Direct Investment, Indirect Investment)Pencatatan & Pembukuan KeuanganCash Flow & Budgeting

LINGKUNGAN PERUSAHAANKonsep Lingkungan BisnisKonsep Lingkungan Bisnis dan PerusahaanAdalah sekumpulan faktor2 tertentu yang akan mempengaruhi arah kebijakan dari suatu perusahaan dalam mengelola aktifitas bisnisnya.Faktor2 tersebut meliputi lingkungan eksternal yang dibagi dalam lingkungan jauh (makro) yaitu : Politik, Ekonomi, Sosbud dan teknologi, dan lingkungan industri, serta lingkungan internal yaitu meliputi aspek-aspek dan kebijakan internal didalam lingkungan perusahaan.

Lingkungan Jauh (Makro)Lingkungan jauh (makro) terdiri dari faktor-faktor yang pada dasarnya berada jauh diluar kendali perusahaan (bersifat : uncontrolable). Faktor makro yang biasanya menjadi titik perhatian perusahaan anatra lain : faktor Politik, Hukum, Ekonomi (kebijakan fiskal & moneter), Sosial Budaya dan Teknologi.Lingkungan makro ini selain memberikan kesempatan dan peluang bagi perusahaan untuk maju dan mengembangkan bisnisnya, sekaligus juga dapat menjadi hambatan dan ancaman yang dapat mempengaruhi kelangsungan hidup suatu perusahaan.

Faktor Politik (Lingkungan makro)Bagi para pengusaha, arah, kebijakan dan stabilitas politik menjadi faktor penting dalam berusaha. Situasi politik yang tidak kondusif akan berdampak negatif bagi dunia usaha, begitu pula sebaliknya.Beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan faktor politik anatar lain :Stabilitas nasional : hankamnas, makar, sparatis.Jaminan keamanan (travel warning etc)Pemerintahan yang legitimate & demokratisGood Corporate GovernanceKepastian Hukum & Undang-undang, HAM dll.

Faktor Ekonomi (Lingkungan Makro)Kondisi perekonomian disuatu negara/daerah secara langsung dapat mempengaruhi iklim bisnis dari perusahaan. Semakin buruk kondisi ekonomi, maka akan semakin buruk pula iklim bisnisnya.Beberapa faktor penting terkait dengan kondisi ekonomi disuatu negara/daerah antara lain :GNP, GDP dan Pendapatan PerkapitaTingkat Inflasi, Suku BungaInvestasi (PMA & PMDN)Harga produk & JasaKetersediaan Energi dan sarana prasarana lainnyaPasar tenaga kerja

Faktor Sosial (Lingkungan Makro)Kondisi sosial masyarakat memang bersifat dinamis dan selalu berubah dari masa ke masa, oleh karena itu perusahaan senantiasa dituntut mampu mengantisipasi perubahan kultur sosial masyarakat.Kondisi sosial ini banyak sekali aspeknya misalnya sikap, gaya hidup, adat-istiadat, kultural, ekologis, demografis, religius, pendidikan maupun etnis tertentu.Perubahan kondisi sosial biasanya terkait dengan perubahan sikap dan gaya hidup (life style) akibat peningkatan income, perubahan strata sosial maupun ekses dari perkembangan teknologi.


Faktor Teknologi (Lingkungan Makro)Setiap perusahaan yang ingin tetap eksis dan berkembang bisnisnya, maka harus selalu mengikuti trend perkembangan teknologi terkini, sehingga produk dan jasa yang dihasilkan dapat selalu uptodate sesuai dengan keinginan konsumen.Perusahaan harus bersifat responsive, aktif, kreatif terhadap setiap perkembangan inovasi teknologi baru. (lihatlah ketatnya persaingan teknologi di industri automotif dan ponsel).
LINGKUNGAN INDUSTRILingkungan industri lebih mengarah pada persaingan diantara suatu perusahaan penghasil produk yang sejenis dalam suatu area wilayah tertentu, Misal lingkungan industri otomotif untuk produsen motor di Indonesia adalah : Honda, Yamaha, Suzuki, Kawazaki, Kymko, Bajaj, dll.Ada 6 (enam) variabel yang berpengaruh terhadap strategi bersaing dalam suatu lingkungan industri tertentu, yaitu :Hambatan Memasuki Pasar (Barier to Entry)Kekuatan Tawar (Bargaining Power) PembeliKekuatan Tawar (Bargaining Power) PemasokKetersediaan Produk SubstitusiPersaingan Sesama Perusahaan Dalam IndustriPengaruh kekuatan Stake Holder

Hambatan Memasuki Pasar (barier to Entry)Masuknya perusahaan pendatang baru akan menimbulkan sejumlah implikasi bagi perusahaan lama yang telah ada, misalnya terjadi perebutan pangsa pasar, sumber daya yang terbatas dsb.Ada beberapa faktor dan cara yang dapat dipakai untuk dapat menghambat masuknya pendatang baru kedallam suatu industri tertentu (barier to entry) antara lain :Skala ekonomi & Kecukupan ModalDiferensiasi ProdukPeraturan PemerintahAkses ke Pemasok & Saluran Distribusi
Kekuatan Tawar PembeliPembeli (buyers) mampu mempengaruhi produsen untuk memotong harga produk tertentu, meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan serta mengadu perusahaan dengan kompetitor melalui berbagai keunggulan masing-masing.Bagaimana hal ini bisa terjadi ?Jika pembeli membeli dalam jumlah yang besarSifat produk umum, banyak pemasok mudah mencari substitusinya

Kekuatan Tawar Pemasok (Bargaining Power Supplier)Pemasok dapat mempengaruhi industri lewat kemampuan mereka untuk menaikkan harga bahan baku atau penurunan kualitas produk/jasa.Pemasok akan kuat apabila :Jumlah pemasok sedikitProduk bahan baku & jasanya bersifat specifikTidak tersedia produk substitusiPemasok memiliki kemampuan untuk mengolah produk seperti yang dilakukan perusahaan / produsen
Ketersediaan Produk SubstitusiPerusahaan dalam suatu indsutri tertentu bersaing pula dengan munculnya produk substitusi atau pengganti yang juga beredar dipasaran, sebab meskipun karakteristiknya berbeda barang substitusi mampu memberikan fungsi, manfaat atau jasa yang serupa bagi konsumen.Konsumen yang realistis akan berpedoman pada prinsip : tiada rotan akarpun jadi.Persaingan Sesama Perusahaan dalam Industri SejenisKondisi Pasar Persaingan dalam Industri, Misal : Monopolistic, Oligopoly, Pasar Persaingan Sempurna, akan sangat mempengaruhi kebijakan dan kinerja perusahaan.Beberapa faktor yang berpengaruh terhadap tingkat persaingan bisnis antara lain : Karakteristik jenis dari masing-masing produk (special/unique, convenience, complementer, consumptions), Jumlah kompetitor dan tingkat pertumbuhan industri.
Pengaruh Stake HolderStake holder yang dimaksud disini adalah pihak diluar perusahaan yang secara langsung mempunyai pengaruh dan kepentingan terhadap perusahaan tersebut, misalnya : pemerintah, serikat pekerja, kreditor, pemasok, asosiasi, para pemegang saham, lingkungan masyarakat, dll.

CARA LINGKUNGAN MEMPENGARUHI MANAJERMelalui derajat ketidakpastian lingkungan yang ada sekarangMelalui berbagai hubungan stock holder yang terjadi antara organisasi dengan kelompok pendukung eksternal.Derajat ketidakpastian ditentukan oleh 2 dimensi :Derajat perubahanDerajat kerumitan lingkungan organisasiKetidakpastian adalah derajat perubahan dan kerumitan lingkungan organisasiMatrik ketidakpastian Lingkungan
TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN ETIKA MANAJERIALPandangan klasik : tanggung jawab sosial adalah bahwa tanggung jawab sosial manajemen hanyalah memaksimalkan laba (profit oriented)Pandangan sosial ekonomi : bahwa tanggung jawab sosial manajemen bukan sekedar menghasilkan laba, tetapi juga mencakup melindungi dan meningkatkan kesejahteraan sosialTanggung jawab sosial (CSR) : kewajiban perusahaann bisnis di luar yang dituntut oleh hukum dan pertimbangan ekonomi, untuk mengejar berbagai sasaran jangka panjang yang baik bagi masyarakat

ETIKA MANAJERIALEtika manajerial adalah peraturan dan prinsip yang mendefinisikan tindakan benar dan salahEmpat pandangan tentang etika :Pandangan etika utilitarian(utilitarian view of ethics)Pandangan etika hak ( rights view of ethics)Pandangan etika teori keadilan (theory of justice view of ethics)Pandangan etika teori kontrak sosial terpadu (integrative social contracts theory)

EMPAT PANDANGAN TENTANG ETIKAPandangan etika utilitarian: keputusan etika dibuat semata-mata berdasarkan hasil atau akibat keputusan ituPandangan etika hak : peduli terhadap penghormatan dan perlindungan hak kebebasan pribadi individuPandangan etika teori keadilan : para manajer memaksakan dan mendorong peraturan secara adil dan tidak memihak dari tindakan itu dilakukan dengan mengikuti seluruh peraturan dan perundang-undangan di bidang hukum.Pandangan etika teori kontrak sosial terpadu : keputusan atau etika harus didasarkan pada sejumlah faktor empiris (apa yang ada) dan faktor normatis (apa yang seharusnya)
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ETIKA MANAJEMENPrinsip-Prinsip Etika BisnisPrinsip otonomi; adalah sikap dan kemampuan manusia untuk mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan kesadarannya tentang apa yang dianggapnya baik untuk dilakukan.Prinsip kejujuran. Suatu bisnis tidak akan bisa bertahan lama dan berhasil kalau tidak didasarkan atas kejujuran. Pertama, jujur dalam pemenuhan syarat-syarat perjanjian dan kontrak. Kedua, kejujuran dalam penawaran barang atau jasa dengan mutu dan harga yang sebanding. Ketiga, jujur dalam hubungan kerja intern dalam suatu perusahaan.
Prinsip-Prinsip Etika Bisnis (2)Prinsip keadilan; menuntut agar setiap orang diperlakukan secara sama sesuai dengan aturan yang adil dan sesuai kriteria yang rasional obyektif, serta dapat dipertanggung jawabkan.Prinsip saling menguntungkan (mutual benefit principle) ; menuntut agar bisnis dijalankan sedemikian rupa sehingga menguntungkan semua pihak.Prinsip integritas moral; terutama dihayati sebagai tuntutan internal dalam diri pelaku bisnis atau perusahaan, agar perlu menjalankan bisnis dengan tetap menjaga nama baik pimpinan/orang2nya maupun perusahaannya.

Bagaimana Penerapan Etika Bisnis di Indonesia?!Di Indonesia tampaknya masalah penerapan etika perusahaan yang lebih intensif masih belum dilakukan dan digerakan secara nyata.Pada umumnya baru sampai tahap pernyataan-pernyataan atau sekedar “lips-service” belaka. Karena memang enforcement dari pemerintah pun belum tampak secara jelas.Tanggung jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility)Tanggung jawab sosial dan keterlibatan perusahaan dalam berbagai kegiatan sosial merupakan suatu nilai yang sangat positif bagi perkembangan dan kelangsungan perusahaan dalam jangka panjang.Keterlibatan sosial perusahaan di masyarakat akan menciptakan suatu citra yang sangat positif. Biaya sosial yang dikeluarkan dianggap sebagai investasi jangka panjang.

Corporate Action dalam CSRMenjaga kelestarian lingkungan, perbaikan prasarana umum (jalan, jembatan, fasos, dll), penyuluhan, pelatihan ketrampilan, dan perbaikan kesehatan lingkungan.Aktifitas CSR memerlukan biaya yang signifikan, namun secara jangka panjang sangat menguntungkan perusahaan, karena kegiatan tersebut menciptakan iklim sosial politik yang kondusif bagi kelangsungan bisnis perusahaan tersebut.
CSR : Jamu Air MancurCSR PT. Jamu Air Mancur Semarang rutin setiap tahun saat libur merayakan Hari Raya Idul Fitri, PT. Jamu Air Mancur memberikan fasilitas mudik gratis dengan menyediakan sarana transportasi bis bagi masyarakat perantau yang terkait langsung dengan perusahaan, misal : agen, warung dan mbak2 bakul jamunya.

Mengapa CSR Penting ?!Karena untuk membentuk suatu perusahaan yang kokoh dan memiliki daya saing yang tinggi serta mempunyai kemampuan menciptakan nilai (value-creation) yang tinggi, diperlukan suatu landasan yang kokoh.Biasanya dimulai dari perencanaan strategis , organisasi yang baik, sistem prosedur yang transparan didukung oleh budaya perusahaan yang andal serta etika perusahaan yang dilaksanakan secara konsisten dan konsekwen.


Mengapa CSR Penting (2) ?!Dalam situasi yang semakin mengglobal, ada saling ketergantungan yang kuat antara perusahaan sebagai produsen dengan masyarakat luas (sebagai konsumen).Perusahaan sebaiknya tidak lagi bersikap tertutup atau tidak mau melakukan kegiatan yang sifatnya sosial kemasyarakatan melalui program CSR.Perusahaan yang tidak memperhatikan hal-hal semacam ini, cepat atau lambat akan semakin ditinggalkan oleh pelanggannya.
POINTERSPgt Manajemen AI Hamdhani, SE,MM. 1BAB.IX.LEADERSHIPKEPEMIMPINAN DALAMORGANISASI & PERUSAHAAN
Pgt Manajemen AI Hamdhani, SE,MM. 2Definisi KepemimpinanGarry Yukl (1994:2) menyimpulkan definisi yang mewakilitentang kepemimpinan antara lain sebagai berikut :Kepemimpinan adalah prilaku dari seorang individu yangmemimpin aktifitas-aktifitas suatu kelompok kesuatu tujuanyang ingin dicapai bersama (share goal) (Hemhill& Coons,1957:7)Kepemimpinan adalah pengaruh antar pribadi yangdijalankan dalam suatu situasi tertentu, serta diarahkanmelalui proses komunikasi, kearah pencapaian satu ataubeberapa tujuan tertentu (Tannenbaum, Weschler &Massarik, 1961:24)

Pgt Manajemen AI Hamdhani, SE,MM. 3Gaya KepemimpinanGaya kepemimpinan, pada dasarnya mengandungpengertian sebagai suatu perwujudan tingkah laku dariseorang pemimpin, yang menyangkut kemampuannyadalam memimpin. Perwujudan tersebut biasanyamembentuk suatu pola atau bentuk tertentu.Davis dan Newstrom (1995) menyatakan bahwa polatindakan pemimpin secara keseluruhan seperti yangdipersepsikan atau diacu oleh bawahan tersebut dikenalsebagai gaya kepemimpinan.

Pgt Manajemen AI Hamdhani, SE,MM. 4Tiga Aliran Teoritentang Gaya Kepemimpinan1) Teori Genetis (Keturunan)2) Teori Sosial3) Teori Ekologis
Pgt Manajemen AI Hamdhani, SE,MM. 5Teori KepemimpinanGenetis (Keturunan)Inti dari teori menyatakan bahwa “Leader are bornand nor made” (pemimpin itu dilahirkan (bakat)bukannya dibuat).Seorang pemimpin akan menjadi pemimpin karena iatelah dilahirkan dengan bakat kepemimpinan. Dalamkeadaan yang bagaimanapun seseorangditempatkan karena ia telah ditakdirkan menjadipemimpin, sesekali kelak ia akan timbul sebagaipemimpin.
Pgt Manajemen AI Hamdhani, SE,MM. 6Teori KepemimpinanSosiologis

Inti aliran teori sosial ini ialah bahwa “Leader aremade and not born” (pemimpin itu dibuat ataudididik bukannya kodrati).Jadi teori ini merupakan kebalikan inti teorigenetika.Para penganut teori ini mengetengahkan pendapatyang mengatakan bahwa setiap orang bisamenjadi pemimpin apabila diberikan pendidikandan pengalaman yang cukup.
Pgt Manajemen AI Hamdhani, SE,MM. 7Teori KepemimpinanEkologisTeori ekologis ini pada intinya berarti bahwaseseorang hanya akan berhasil menjadi pemimpinyang baik apabila ia telah memiliki bakatkepemimpinan.Bakat tersebut kemudian dikembangkan melaluipendidikan yang teratur dan pengalaman yangmemungkinkan untuk dikembangkan lebih lanjut.Teori ini menggabungkan segi-segi positif dari keduateori terdahulu sehingga dapat dikatakan merupakanteori yang paling mendekati kebenaran.
Pgt Manajemen AI Hamdhani, SE,MM. 8Teori Gaya KepemimpinanHersey dan Blanchard (1992)Hersey dan Blanchard (1992) berpendapat bahwagaya kepemimpinan pada dasarnya merupakanperwujudan dari tiga komponen, yaitu pemimpin itusendiri, bawahan, serta situasi di mana proseskepemimpinan tersebut diwujudkan.Berdasarkan pemikiran tersebut, Hersey danBlanchard (1992) mengajukan proposisi bahwa gayakepemimpinan (k) merupakan suatu fungsi daripimpinan (p), bawahan (b) dan situasi tertentu (s).,yang dapat dinotasikan sebagai : k = f (p, b, s).

Pgt Manajemen AI Hamdhani, SE,MM. 9Teori Gaya KepemimpinanHersey dan Blanchard (1992)Menurut Hersey dan Blanchard, pimpinan (p) adalah seseorang yangdapat mempengaruhi orang lain atau kelompok untuk melakukan unjukkerja maksimum yang telah ditetapkan sesuai dengan tujuanorganisasi.Organisasi akan berjalan dengan baik jika pimpinan mempunyaikecakapan dalam bidangnya, dan setiap pimpinan mempunyaiketerampilan yang berbeda, seperti keterampilan teknis, manusiawidan konseptual.Sedangkan bawahan (b) adalah seorang atau sekelompok orangyang merupakan anggota dari suatu perkumpulan atau pengikut yangsetiap saat siap melaksanakan perintah atau tugas yang telahdisepakati bersama guna mencapai tujuan. Dalam suatu organisasi,bawahan mempunyai peranan yang sangat strategis, karena suksestidaknya seseorang pimpinan bergantung kepada para pengikutnyaini. Oleh sebab itu, seorang pemimpinan dituntut untuk memilihbawahan dengan secermat mungkin.
Pgt Manajemen AI Hamdhani, SE,MM. 10Teori Gaya KepemimpinanHersey dan Blanchard (1992)Adapun situasi (s) menurut Hersey dan Blanchard adalahsuatu keadaan yang kondusif, di mana seorang pimpinanberusaha pada saat-saat tertentu mempengaruhi perilakuorang lain agar dapat mengikuti kehendaknya dalam rangkamencapai tujuan bersama.Dalam satu situasi misalnya, tindakan pimpinan padabeberapa tahun yang lalu tentunya tidak sama dengan yangdilakukan pada saat sekarang, karena memang situasinyatelah berlainan.Dengan demikian, ketiga unsur yang mempengaruhi gayakepemimpinan tersebut, yaitu pimpinan, bawahan dan situasimerupakan unsur yang saling terkait satu dengan lainnya,dan akan menentukan tingkat keberhasilan kepemimpinan.

Pgt Manajemen AI Hamdhani, SE,MM. 11Tipe & GayaKepemimpinan1) Otorite/Authoritarian2) Militeristik3) Paternalistis4) Demokratis5) Kharismatis
Pgt Manajemen AI Hamdhani, SE,MM. 12Gaya KepemimpinanOtoriter / AuthoritarianAdalah gaya pemimpin yangmemusatkan segala keputusan dankebijakan yang diambil daridirinya sendiri secara penuh.Segala pembagian tugas dantanggung jawab dipegang oleh sipemimpin yang otoriter tersebut,sedangkan para bawahan hanyamelaksanakan tugas yang telahdiberikan.
Pgt Manajemen AI Hamdhani, SE,MM. 13Gaya KepemimpinanMiliteristikSeorang pemimpin yang bertipe militeristisialah seorang pemimpin yang memilikisifat-sifat berikut : Dalam menggerakanbawahan sistem perintah yang lebih seringdipergunakan; Dalam menggerakkanbawahan senang bergantung kepadapangkat dan jabatannya; Senang padaformalitas yang berlebih-lebihan; Menuntutdisiplin yang tinggi dan kaku daribawahan; Sukar menerima kritikan daribawahannya; Menggemari upacaraupacarauntuk berbagai keadaan.

Pgt Manajemen AI Hamdhani, SE,MM. 14Gaya KepemimpinanPaternalistikSeorang pemimpin yang tergolong sebagaipemimpin yang paternalistis ialah seorangyang memiliki ciri sebagai berikut :menganggap bawahannya sebagai manusiayang tidak dewasa; bersikap terlalumelindungi (overly protective); jarangmemberikan kesempatan kepadabawahannya untuk mengambil keputusan;jarang memberikan kesempatan kepadabawahannya untuk mengambil inisiatif;jarang memberikan kesempatan kepadabawahannya untuk mengembangkan dayakreasi dan fantasinya; dan sering bersikapmaha tahu.
Pgt Manajemen AI Hamdhani, SE,MM. 15Gaya KepemimpinanKharismatikHingga sekarang ini para ahli belum berhasilmenemukan sebab-sebab-sebab mengapa seseorangpemimpin memiliki karisma. Umumnya diketahui bahwapemimpin yang demikian mempunyai daya tarik yangamat besar dan karenanya pada umumnyamempunyai pengikut yang jumlahnya yang sangatbesar, meskipun para pengikut itu sering pula tidakdapat menjelaskan mengapa mereka menjadipengikut pemimpin itu.Karena kurangnya pengetahuan tentang sebabmusabab seseorang menjadi pemimpin yangkarismatik, maka sering hanya dikatakan bahwapemimpin yang demikian diberkahi dengan kekuatangaib (supra natural powers). Kekayaan, umur,kesehatan, profil tidak dapat dipergunakan sebagaikriteria untuk karisma.
Pgt Manajemen AI Hamdhani, SE,MM. 16Gaya KepemimpinanDemokratisGaya kepemimpinan demokratis adalah gaya pemimpinyang memberikan wewenang secara luas kepada parabawahan. Setiap ada permasalahan selalumengikutsertakan bawahan sebagai suatu tim yang utuh.Dalam gaya kepemimpinan demokratis pemimpinmemberikan banyak informasi tentang tugas sertatanggung jawab para bawahannya.Senang menerima saran, pendapat, dan bahkan kritik daribawahannya; selalu berusaha mengutamakan kerjasamadan teamwork dalam usaha mencapai tujuan; ikhlasmemberikan kebebasan yang seluas-luasnya kepadabawahannya untuk berbuat kesalahan yang kemudiandiperbaiki agar bawahan itu tidak lagi berbuat kesalahanyang sama, tetapi lebih berani untuk berbuat kesalahanyang lain; selalu berusaha untuk menjadikan bawahannyalebih sukses daripadanya; dan berusaha mengembangkankapasitas diri pribadinya sebagai pemimpin.
Pgt Manajemen AI Hamdhani, SE,MM. 17Model KepemimpinanKontingensionalModel Kepemimpinan Kontingensi. Model kepemimpinankontingensi dikembang-kan oleh Fielder. Fielder dalamGibson, Ivancevich dan Donnelly (1995) berpendapat bahwagaya kepemimpinan yang paling sesuai bagi sebuahorganisasi bergantung pada situasi di mana pemimpinbekerja.Menurut model kepemimpinan ini, terdapat tiga variabelutama yang cenderung menentukan apakah situasimenguntukang bagi pemimpin atau tidak. Ketiga variabelutama tersebut adalah : hubungan pribadi pemimpin denganpara anggota kelompok (hubungan pemimpin-anggota);kadar struktur tugas yang ditugaskan kepada kelompokuntuk dilaksanakan (struktur tugas); dan kekuasaan dankewenangan posisi yang dimiliki (kuasa posisi).
Pgt Manajemen AI Hamdhani, SE,MM. 18Model KepemimpinanKontingensionalBerdasar ketiga variabel utama tersebut, Fiedlermenyimpulkan bahwa : para pemimpin yang berorientasipada tugas cenderung berprestasi terbaik dalam situasikelompok yang sangat menguntungkan maupun tidakmenguntungkan sekalipun; para pemimpin yang berorientasipada hubungan cenderung berprestasi terbaik dalam situasisituasiyang cukup menguntungkan.
Pgt Manajemen AI Hamdhani, SE,MM. 19Kompetensi KepemimpinanSuatu persyaratan penting bagi efektivitas ataukesuksesan pemimpin (kepemimpinan) dan manajer(manajemen) dalam mengemban peran, tugas, fungsi,atau pun tanggung jawabnya masing-masing adalahkompetensi.Konsep mengenai kompetensi untuk pertamakalinyadipopulerkan oleh Boyatzis (1982) yang didefinisikankompetensi sebagai “kemampuan yang dimilikiseseorang yang nampak pada sikapnya yang sesuaidengan kebutuhan kerja dalam parameter lingkunganorganisasi dan memberikan hasil yang diinginkan”.

Pgt Manajemen AI Hamdhani, SE,MM. 20QUI RESPONSIBAB-IX.1) Jelaskan definisi dari ‘kepemimpinan’ dan‘gaya kepemimpinan’.2) Jelaskan perbedaan ‘tiga’ aliran teori yangmembahas masalah ‘gaya kepemimpinan’tersebut !3) Jelaskan dan berikan contoh perbedaan 5(lima) tipe gaya kepemimpinan !4) Menurt pendapat anda ‘tipe gayakepemimpinan’ seperti apakah yang cocokuntuk dipilih sebagai presiden pada pemilutahun 2009 mendatang ?

manajemen dan bisnis

Manajemen Sebagai Ilmu (1)Luther Gullick mendefinisikan manajemen sebagai suatu bidang ilmu pengetahuan (science) yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan membuat sistem kerjasama ini bermanfaat bagi kemanusiaan,Manajemen memerlukan disiplin ilmu pengetahuan lain dalam penerapannya misal ilmu ekonomi, statistik, akuntansi dan sebagainya.
Manajemen Sbg Seni (2)Management is the art of securing maximum result with minimum of efforts as to secure maximum prosperity and happiness for both employer and employee and give the public the best possible services.Management adalah seni untuk mencapai hasil yang maksimal dengan usaha yang minimal, demikian pula mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan maksimal bagi pimpinan maupun pekerja serta memberikan pelayanan yang sebagaik mungkin kepada masyarakat.

MANEJEMEN SEBAGAI SUATU SENI MEMPUNYAI CIRI-CIRI :KESUKSESAN DALAM MENCAPAI TUJUAN SANGAT DIPENGARUHI DAN DIDUKUNG OLEH SIFAT-SIFAT DAN BAKAT PARA MANAJERDALAM PROSES PENCAPAIAN TUJUAN SERINGKALI MELIBATKAN UNSUR NALURI (INSTINCT), PERASAAN DAN INTELEKTUALDALAM PELAKSANAAN KEGIATAN FAKTOR YANG CUKUP YANG MENENTUKAN KEBERHASILANNYA ADALAH KEKUATAN PRIBADI (CHARACTER) KREATIF YANG DIMILIKI

Pengertian Manajemen (3) Manajemen Sebagai Proses KegiatanManagement is a distinct process consisting of planning, organizing, actuating, controlling, utilizing in each both science and art and follow in order to accomplish predetermined objectives.Management adalah proses yang khas terdiri dari tindakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian dimana dalam masing2 bidang tersebut digunakan ilmu pengetahuan & keahlian yang diikuti secara berurutan dalam usaha mencapai sasaran & tujuan yang telah ditetapkan.Pengertian Manajemen


Management will be defined as the application of planning, organizing, staffing, directing, and controlling functions in the most efficient manner possible to accomplish objectives.Management didefinisikan sebagai penggunaan perencanaan, pengorganisasian, pengerjaan, pengarahan, dan pengendalian dengan cara yang paling efisien untuk mencapai tujuan.
MANAJEMEN SEBAGAI ILMU & SENIManajemen Sbg Ilmu Manajemen Sbg Seni
Manajemen sebagai Profesi (4)Manajemen sebagai Profesi merupakan suatu bidang pekerjaan yang dilakukan oleh orang-orang yang memiliki keahlian dan ketrampilan sebagai kader, pemimpin atau ‘manajer’ pada suatu organisasi / perusahaan tertentu.Profesi ‘manajer’ merupakan sebuah profesi atau jabatan spesifik dan ‘prestigious’ sebagai ‘decision maker’ yang dapat menentukan berkembangnya suatu organisasi / perusahaan dimasa mendatang.
MANAJEMEN**MANAJEMEN adalah proses pengkoordinasian berbagai aktifitas pekerjaan dan pengalokasian sumber daya 6M, melalui bantuan dan kerjasama dengan orang lain sehingga pekerjaan tersebut dapat terselesaikan secara efisien dan efektif.EFISIEN adalah memperoleh output terbesar dengan input yang terkecil, digambarkan sebagai “melakukan segala sesuatu secara benar / doing things right”EFEKTIF adalah menyelesaikan kegiatan-kegiatan sehingga sasaran organisasi dapat tercapai, digambarkan sebagai melakukan sesuatu yang benar / doing the right things”

MENGAPA MEMPELAJARI MANAJEMENKEUNIVERSALAN MANAJEMENKenyataan bahwa manajemen dibutuhkan pada segala jenis dan ukuran organisasi, pada semua tingkat organisasi, pada semua bidang organisasi dan pada organisasi di semua negara diseluruh dunia.REALITAS PILIHAN PEKERJAANIMBALAN DAN TANTANGAN SEBAGAI SEORANG MANAJERLINGKUP MANAJEMENPARADIGMA MANAJEMEN

FUNGSI DAN PROSES MANAJEMENFungsi ManajemenMenurut Stephen P Robbin (1993) fungsi manajemen antara lain meliputi aktifitas merencanakan (planning), mengorganisasikan (organizing), memimpin (leading) dan mengendalikan (controlling) aktifitas bisnis dari suatu organisasi / perusahaan.Planning Organizing Leading Controlling

PROSES MANAJEMENPROSES MANAJEMEN yaitu serangkaian keputusan dan kegiatan kerja yang sedang terjadi yang dialami oleh para manajer sewaktu mereka merencanakan, mengorganisasi, memimpin dan mengendalikan.

PERAN MANAJER adalah terjun langsung dalam berbagai aktifitas operasional suatu organisasi perusahaan.PERAN (ROLES) MANAJEMENINTERPERSONAL ROLES adalah Peran manajerial yang melibatkan hubungan dengan pihak lain dan tugas yang bersifat seremonial atau simbolis.INFORMATIONAL ROLES adalah peran manajerial yang meliputi menerima, mengumpulkan, dan menyebarkan informasi kepada seluruh anggota organisasi..DECISIONAL ROLES adalah peran manajerial yang berkisar seputar membuat pilihan dalam pemngambilan keputusan terhadap suatu permasalahan.

KEAHLIAN (SKILL) MANAJEMENTECHNICAL SKILL adalah pengetahuan dan kemahiran dibidang spesialisasi tertentu.HUMAN SKILL adalah kemampuan bekerja secara baik dengan orang lain secara individual atau dalam kelompokCONCEPTUAL SKILL adalah kemampuan berfikir dan konseptualisasi tentang situasi yang abstrak dan rumit
Who is the Manager ?!SIAPAKAH MANAJER ?MANAJER adalah seorang yang bekerja dengan memanfaatkan bantuan orang lain dengan cara mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan dan pekerjaan mereka guna mencapai sasaran (objectives) dan tujuan (goals) dari suatu organisasi/perusahan.Apa goals perusahaan? (P,CS,S)

JENJANG TINGKATAN MANAJERIALKEAHLIAN YANG DIBUTUHKAN PADA TINGKAT MANAJEMEN YANG BERBEDA-BEDATujuan PerusahaanTujuan ‘goals’ dari suatu organisasi / perusahaan dapat dibedakan menjadi 2 (dua) bagian, yaitu :Sasaran (objectives) yaitu merupakan hasil yang diinginkan atau target yang akan dicapai pada periode waktu tertentu.Tujuan (goals) merupakan petunjuk umum yang dinyatakan secara luas tentang apa saja yang akan dicapai oleh perusahaan.

Secara umum ‘sasaran’ dan ‘tujuan’ dari suatu perusahaan dalam menjalankan aktifitas bisnisnya adalah Profit oriented, Customer Satisfaction dan Sustainability (going concern).Sumber Daya (6M)Dari pengertian yang telah dikemukakan diatas, nampak seakan-akan satu-satunya alat atau sarana manajemen untuk mencapai tujuan adalah pemanfaatan ‘orang’ atau ‘sumber daya manusia’ saja. Hal ini jelas kurang ‘relevan’ sebab dalam mencapai tujuan bisnis dari suatu organisasi / perusahaan juga diperlukan sumber daya lain yaitu : Man, Money, Material, Machine, Method and Market, atau yang dikenal dengan istilah : 6M.
EFISIENSI & EFEKTIFITASMISMANAGEMENT.BAB-IISejarah Pemikiran & Perkembangan Teori di Bidang Manajemen

KOMPETENSIMenjelaskan Teori Manajemen IlmiahMenjelaskan Teori Organisasi KlasikMenjelaskan Teori Hubungan Antar ManusiaMenjelaskan Teori Behavior ScienceMenjelaskan Teori Aliran KuantitatifMenjelaskan Evolusi Pemikiran dan Aplikasinya
(1) TEORI MANAJEMEN ILMIAHBeberapa variabel yang diperhatikan dalam ‘Manajemen Ilmiah’ antara lain :Pentingnya Peranan Manajer dalam menggerakan dan meningkatkan produktifitas perusahaanMenetapkan persyaratan tertentu dalam pengangkatan dan pemanfaatan SDMMemperhatikan kesejahteraan karyawan

TOKOH-TOKOH PERINTIS MANAJEMEN ILMIAHRobert Owen (1771-1858)Charles Babbage (1793-1971)Frederick W Taylor (1856-1915)Henry L Gantt (1861-1919)Frank B & Lillian Gilbert (1868-1924)Herrington Emerson (1853-1931)
Robert Owen (1771-1858) Perintis Manajemen IlmiahRobert Owen adalah seorang Manajer Pabrik pemintalan kapas di New Landmark Scotland.Latar Belakang: Kondisi lingkungan kerja, ketentuan persyaratan kerja dan taraf hidup pekerja yang burukIde & Gagasan :SDM merupakan kunci keberhasilan perusahaan (oleh karena itu perusahaan harus memperlakukan karyawan lebih manusiawi)Memperbaiki kondisi dan persyaratan kerja : seperti (1).pengurangan standar jam kerja dari 13 jam menjadi 10 jam, (2).Tidak mempekerjakan anak2 dibawah umur dengan pembatasan usia pekerja minimal berusia 10 tahun. (3).Pembukaan toko2 (semacam koperasai karyawan) dilingkungan perusahaan untuk memberikan pelayanan kebutuhan para karyawan dengan harga yang lebih murah.Pelopor yang merumuskan prosedur kerja standar (Standard Operating Procedures) untuk meningkatkan ‘produktifitas kerja para karyawan.

Charles Babbage (1793-1871) Perintis Manajemen IlmiahCharles Babbage adalah seorang Profesor dibidang matematika dari Cambridge University England.Tahun 1832 menulis buku The Economic Of Manufacturer, yang menekankan pada pentingnya effisiensi biaya dan spesialisasi pekerjaan kepada para karyawan.Ide & Gagasan :Merumuskan cara kerja yang paling effisien dan dapat meminimalisasi pengeluaran biaya (cost reduction).Menganjurkan melaksanakan pembagian spesialisasi pekerjaan pada para karyawan, sehingga setiap karyawan akan diarahkan dan dididik dengan suatu ketrampilan (skill) khusus / tertentu dan kelak karyawan tersebut akan diserahi tugas, tanggung jawab & pekerjaan yang sesuai dengan ketrampilan dan spesialisasinya.

Frederrick W Taylor (1856-1915) Perintis Manajemen IlmiahFrederick Winslow Taylor, Manajer produksi pada Midvale Steel Amerika Serikat, dianggap sebagai ‘Bapak Management Science’, ia adalah orang pertama yang mengemukakan ide dan gagasan mengenai studi tentang waktu kerja (Time & Motion Studies).Ide & Gagasan :Sistem Upah Differensial (Differential Rate System) yaitu metode pengupahan yang berdasarkan pada kecepatan dan produktifitas kerja karyawan.Taylor menyatakan bahwa antara waktu penyelesaian pekerjaan dapat dikorelasikan dengan upah yang akan diterimakan, semakin cepat dan tinggi prestasi dalam menyelesaikan pekerjaan maka akan semakin tinggi pula upah yang akan diterima karyawan.Untuk mencapai hal tersebut maka dilakukan penelitian ‘time & motions studies’ terhadap karyawan yang berprestasi untuk dijadikan standar operating prosedur bidang pekerjaan tertentu.
Henry L Gantt (1861-1919) Perintis Manajemen IlmiahHenry L Gantt adalah rekan kerja Taylor pada perusahaan Midvale Steel USA, Gantt juga mengemukakan teori yang sejalan dengan ide dan gagasan Taylor yang berfokus pada upaya peningkatan produktifitas, effisiensi dan effektifitas kerja dengan rangsangan upah dan intensif untuk karyawan.Ide Gagasan :Menciptakan Gantt Charts yaitu suatu bagan yang disusun sebagai alat untuk membandingkan antara pelaksanaan suatu pekerjaan / produksi dengan standard dan tujuan yang telah ditetapkan.Menolak teori Taylor tentang sistem upah differensial, menurut gagasan Gantt setiap pekerja yang mampu mencapai target output sesuai dengan standard yang telah ditetapkan, maka berhak diberikan ‘bonus’.Mengembangkan gagasan Owen dengan membuat metode penilaian dan pencatatan hasil prestasi kerja karyawan dalam suatu kartu prestasi pribadi karyawan. (Tanda check mark hitam jika berhasil memenuhi standar, dan warna merah jika gagal memenuhi standar kerja yang telah ditetapkan.

Frank B & Lillian Gilbert (1868-1924) Perintis Manajemen IlmiahFrank B & Lillian Gilbert adalah sepasang suami istri merupakan murid dari Taylor yang melakukan pengembangan penelitian tentang studi gerak (motion study).Ide Gagasan :Meneliti tentang hubungan antara gerakan dan kelelahan dalam pekerjaan, menurutnya antara gerakan dan kelelahan saling berkaitan, Sehingga perlu dibakukan alur urutan gerakan dan aktifitas kerja yang efektif dan effisien untuk mengurangi kelelahan dan mempercepat proses penyelesaian pekerjaan.Mengemukakan ide Program Pengembangan Karyawan yang lebih ditekankan kepada keterlibatan aktif dari obyek pelaku / karyawan itu sendiri artinya setiap karyawan diberikan kesempatan untuk melatih dan mengembangkan diri sesuai dengan ketrampilan dan kemampuan masing-msaing individu.

Herington Emerson (1853-1931) Perintis Manajemen IlmiahHerington mengamati bahwa ‘penyakit’ akut yang biasa menggangu kelancaran sistem manajemen didalam suatu industri adalah adanya ‘pemborosan’ dan ‘in effisiensi’.Oleh karena itu Herington mencetuskan ide yang terformulasikan dalam 12 prinsip sebagai berikut :Perumusan Tujuan Perusahaan (Goal) secara JelasKegiatan yg dilaksanakan harus terencana & masuk akalTersediaanya Staff yang Cakap & HandalTerciptanya disiplin dalam bekerjaPemberian Jasa / Balas Jasa yang adil dan transparanPelaporan yg tepat, akurat, cepat dan kontinue (Sistem Informasi dan Sistem AKuntansi)Pemberian Instruksi, Perencanaan & Urutan KerjaDitetapkannya Standar Waktu, metode kerja dan skedulDitetapkan Standar KondisiDitetapkan Standar Operasi (SOP)Disusun Standar Instruksi Tertulis yang PraktisDisusun Standar Penetapan Balas Jasa, Kompensasi & Isentif

SUMBANGAN TEORI MANAJEMEN ILMIAHSumbangan teori manajemen ilmiah diakui banyak memberikan kontribusi dan peningkatan dalam beberapa hal sbb :Produktifitas KerjaEffisiensi KerjaSpesialisasi PekerjaanBerbagai teknik effisiensi manajemen misal : studi gerak dan waktu (time & motion study), adanya suatu rancangan sistem kerja yang terstruktur (work desain), Teknik Pencatatan terhadap Prestasi Kinerja (Gantt Charts).
KETERBATASAN TEORI MANAJEMEN ILMIAHDalam pengaplikasian teori manajemen ilmiah kadang justru berdampak merugikan bagi kelancaran sistem manajemen itu sendiri, misalnya :Upaya peningkatan ‘produktifitas’ dengan cara menerapkan teknologi baru dalam prakteknya akan mengurangi skala penggunaan tenaga kerja, dan menyebabkan karyawan menjadi stress dan frustrasi karena peranan serta kedudukannya digantikan oleh mesin & komputer.Tenaga kerja SDM sebagai salah satu faktor produksi kurang mendapatkan perhatian dalam hal pemenuhan keutuhan sosial & personalitynya. Artinya ‘upah’ yang tinggi tanpa diimbangi dengan suasana dan lingkungan kerja yang kondusif & menyenangkan tidak akan mampu ‘memuaskan’ dan membuat karyawan betah bertahan disuatu perusahaan.
(2) TEORI ORGANISASI KLASIKTokoh utama penggagas teori organisasi klasik dipelopori oleh : Henry Fayol dan James D Mooney.Henry Fayol adalah seorang insinyur (pertambangan) yang menjabat sebagai direktur pada perusahaan pertambangan logam ‘Commantry Fourchambault & Co’ di Perancis.James D Mooney adalah seorang ekonom yang mengemukakan beberapa ide dan gagasan tentang prinsip & kaidah manajemen.
Henry Fayol Perintis Teori Organisasi KlasikTeori Organisasi pada aliran manajemen klasik yang dipelopori (FAYOL) mengkalsifikasikan bagian-bagian tugas manajemen yang terdiri atas :TechnicalCommercialFinancialSecurityAkuntansiManajerial

TUGAS MANAJEMEN menurut teori organisasi klasikTechnical, merupakan kegiatan memproduksi dan membuat suatu produk tertentu.Commercial, merupakan kegiatan membeli bahan-bahan (material) yang dibutuhkan dan menjual barang (product) hasil produksi.Financial, kegiatan pembelanjaan, yakni meliputi kegiatan mencari modal dan bagaimana menggunakan modal tersebut.Security, kegiatan yang dilakukan untuk menjaga keamanan (keselamatan kerja & harta benda yang dimiliki oleh perusahaan).Accounting, meliputi kegiatan pencatatan, penghitungan, kalkulasi biaya, menyusun laporan keuangan (neraca, rugi laba) dan mengumpulkan data-data statistik lainnya.Managerial, tugas-tugas manajerial ini sering diintrodusir sebagai fungsi manajemen/manajer yaitu meliputi Planning, Organizing (staffing), Coordinating, Commanding (leading), Controlling.

Fungsi & Tugas Manajemen / ManajerPlanning, merupakan kegiatan perencanaan segala langkah dan tindakan yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan.Organizing, Berarti aktifitas mengorganisasikan, termasuk juga penentuan staf (staffing) sumber daya yang dimiliki terutama SDM untuk melaksanakan rencana yang telah disusunCoordinating, AKtifitas mengkoordinasikan seluruh kegiatan yang direncanakan agar pekerjaan dapat berjalan secara tertib, lancar, serasi dan terpadu.

Directing, Kegiatan memberikan pengarahan bagi karyawan agar bersedia melaksanakan tugas dan pekerjaan yang diberikan dengan penuh disiplin dan tanggung jawab.Commanding, Kegiatan memimpin (leading) dengan memberikan instruksi perintah dan memotivasi para bawahanControlling, Mengendalikan seluruh aktifitas kegiatan agar dapat berjalan dengan tertib, lancar dan mamu mencapai tujuan seperti yang telah direncanakan.
Henry Fayol Asas-asas Umum ManajemenHenry Fayol mengemukanan 14 asas umum dalam manajemen, sebagai berikut :Devision of work (pembagian kerja)Authority & Responsibility (Wewenag & Tgg Jawab)DisciplineUnity of Command (Kesatuan Perintah)Unity of Direction (Kesatuan Arah)Subordination of individual interest into general interestRenumerartion of PersonnelContrllizationScalar of ChainOrder (Asas Keteraturan)Equity (Asasa Keadilan)Stability of Tenur of PersonellInitiativeSprites de Corps

James D Mooney Kaidah Organisasi ManajemenMenurut James D Mooney kaidah-kaidah yang diperlukan dalam menetapkan organisasi manajemen antara lain :Koordinasi, yaitu kaidah yang menghendaki adanya wewenang, saling melayani, perumusan tujuan dan kedisiplinan yang tinggi.Prinsip Skalar, Prinsip yang mendefinisikan hubungan kepemimpian, pendelegasian dan hubungan antar fungsi tertentu.Prinsip Fungsional, prinsip yang mendefnisikan berbagai macam tugas yang harus diselesaikan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.Prinsip Staff, yaitu prinsip yang membedakan posisi jabatan, wewenang dan tanggung jawab dari masing2 personell dalam suatu organisasi perusahaan.

3) TEORI HUBUNGAN ANTAR MANUSIA (1930-1950)Pendekatan yang dialkukan dalam ‘Teori Hubungan Antar Manusia’ menitik beratkan pada pendekatan psicologis terhadap para bawahan, yakni dengan mengetahui perilaku individu dari para karyawan dan perilaku kelompok karyawan sebagai suatu ‘human relation groups’ yang berperan dalam meningkatkan produktifitas kerja.Tokoh utama penggagas teori hubungan antar manusia antara lain adalah Marry Parker Foller & Elton Mayo.Marry Parker Foller, mengemukakan bahwa kita sebaiknya membentuk suatu kelompok kerja yang dapat bekerja sama dan membentuk organisasi yang menitik beratkan hubungan antar manusia dengan memperhatikan faktor motivasional dari masing2 individu & kelompok tersebut.

Elton Mayo Perintis Teori Hubungan Antar ManusiaMenurut Elton Mayo yang meneliti hubungan antara faktor2 fiskal, moneter dan sosial terhadap produktifitas kerja menjelaskan bahwa : Faktor fiskal & moneter bukan merupakan determinant tunggal dari produktifitas, sebab manusia bukanlah mahluk ekonoteknikal namun merupakan suatu dimensi rasioemosional, oleh karena itu kelompok sosial akan sangat berpengaruh terhadap perilaku dan produktifitas kerja karyawan.Dengan demikian rekomendasi umum dari Teori Hubungan Antar Manusia adalah bahwa organisasi merupakan suatu sistem sosial dan harus memperhatikan kebutuhan sosial & psicologis dari para karyawan agar dapat mencapai tingkat produktifitas seperti yang diharapkan.

4) TEORI BEHAVIORAL SCIENCETeori Behavioral Science ini ditandai dengan munculnya pandangan dan pemikiran baru mengenai :Perilaku Individu / perseoranganPerilaku kelompok sosialPerilaku OrganisasiBeberapa tokoh penganut teori Behavioral Science antara lain :Abraham MaslowDouglas Mc GregorFrederrick HerzbergRobert Blake & Jane MoultonRensis LikertFred Fieldlerdll
Para Tokoh Perintis Teori behavioral ScienceAbraham Maslow, mengembangkan adanya ‘Hierarkhi Kebutuhan’ dalam menjelaskan hubungan antara perilaku dan motivasi dari masing2 individu.Douglas Mc Gregor, Pencetus Teori X dan YFrederick Herzberg, Teori motivasi higienis dan teori dua faktorRobert Blake & Jane Mouton, membahas lima gaya kepemimpinan dengan kondisi manajerial (managerial grids)Rensis Likert, Meneliti tentang 4 sistem dalam manajemenFred Fieldler, menyarankan pendekatan contingency dalam studi kepemimpinan.
Stressing Point Teori behavioral ScienceUnsur manusia (SDM) merupakan faktor kunsi penentu kesuksesan pencapaian tujuan organisasi perusahaan.Organisasi perusahaan harus menciptakan iklim kerja yang memberikan kesempatan kepada karyawan untuk dapat memuaskan kebutuhan psicologis mereka, sebagai mahkluk sosial.Komitmen organisasi dapat dikembangkan melalui partisipasi dan keterlibatan dari seluruh karyawan.

EVOLUSI PEMIKIRAN MANAJEMEN DAN APLIKASINYAPerkembangan Teori Pemikiran Manajemen sejak semula tumbuh dan berkembang dilandasi oleh kondisi lingkungan yang melatarbelakanginya. Dalam situasi, kondisi dan latar belakang serta perkembangan zaman yang sedemikian pesat dan dinamis teori dan pemikiran manajemen akan terus mengalami perkembangan menyesuaikan diri dengan perubahan lingungannya.Oleh karena itu penerapan dan aplikasi teori pemikiran manajemen pada dimensi waktu dan tempat yang berbeda dilakukan secara lintas sektoral diantara teori2 yang ada menuju suatu konsep manajemen yang integrated, adaptif bersifat salaing melengkapi dan menyempurnakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

DENAH KAMPUS AMIK MASTER LAMPUNG

DENAH KAMPUS AMIK MASTER LAMPUNG